Senin, 13 April 2009

HASIL PERHITUNGAN CEPAT LSI PADA PEMILU LEGISLATIF 9 APRIL 2009


Lembaga Survei Indonesia telah mengakhiri penghitungan cepat terhadap perolehan suara dalam Pemilu Legislatif 2009-2014 sejak Kamis (9/4) malam, Sampel hitung cepat LSI dalam Pemilu Legislatif 2009 adalah 2.096 TPS di seluruh Indonesia yang terpilih secara acak dan tersebar secara proporsional di seluruh Indonesia sesuai dengan jumlah pemilih dan TPS di masing-masing Provinsi. Sampel TPS dipilih dengan menggunakan metode kombinasi stratified cluster random sampling. Diperkirakan toleransi kesalahan (margin of error) pada Quick Count ini sekitar 0,9 persen pada tingkat kepercayaan 99 persen. Tapi, jika di break down sampai pada tingkat Provinsi dan Dapil, maka margin of erornya semakin besar.
Hasil akhir perhitungan cepat menunjukkan Demokrat menduduki peringkat pertama dengan meraih 20,r persen, PDIP 14,2 persen, Golkar 13,9 persen, PKS 8 persen, PAN 5,8 persen, PPP 5,2 persen, PKB 5,1 persen, Gerindra 4,5 persen, Hanura 3,8 persen, dan partai lainnya 18,9 persen.
Hanya sembilan parpol nasional yang pasti lolos Parliamentary Threshold, yaitu Demokrat, PDIP, Golkar, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra dan Hanura.

Hasil itu berdasarkan 98,7 persen data yang masuk atau 2068 TPS dari total 2096 TPS yang diamati. Sisanya, masih menunggu penghitungan suara selesai, karena penundaan proses penghitungan akibat serangan Organisasi Papua Merdeka di beberapa TPS di Provinsi Papua, atau karena faktor geografis sehingga menyulitkan relawan untuk mendapatkan sinyal telepon.

Namun demikian, kualitas random (quality random) dari sampel yang masuk sudah mencapai 99,7%. Artinya, pergerakan suara sudah stabil dan layak untuk diumumkan.

Berdasarkan data hasil perhitungan cepat, dukungan terhadap Partai Demokrat tampak merata baik di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Kekalahan PDIP dari Partai Demokrat ini terlihat karena kurangnya dukungan suara di luar Jawa. Sebaliknya Golkar, kurang bisa menandingi Demokrat di Jawa. Pada saat yang sama, basis Golkar di luar Jawa tergerus oleh Demokrat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog